Rabu, 14 Oktober 2009

Honda, Produksi Motor Kopling Ganda Pertama di Dunia

Honda, membuat terobosan baru dengan memproduksi motor Kopling ganda yang sebelumnya hanya menjadi tren pada teknologi mobil, Sebenarnya teknologi kopling ganda ini telah diterapkan pada motor-motor sport berkapasitas besar naman mulai saat ini teknologi kopling ganda juga akan diproduksi untuk motor-motor gede lainnya. Selain itu teknologi ini juga akan diterapkan pada motor sport VFR tipe terbaru dengan berkapasitas.

Honda akan menerapakan transmisi ini secara bertahap pada motor berkapasitas besar, terutama pada jenis motor sport. Saat ini, ukuran transmisi kopling ganda cenderung lebih besar. Honda pengembangan teknologi transmisi dua poros “input” yang sejajar dengan as kopling. Agar desain yang didapat lebih ringan, Honda memasang Sirkuit hidraulik yang mengatur perpindahan gigi di bawah tutup mesin.

Honda, selanjtnya akan menargetkan pengembangan transmisi yang lebih kompak dan ringan yang menggunakan desain mekanis pemindah gigi sepeda motor sederhana, yaitu pemindah gigi model teromol, yang terdapat pada sepeda motor sekarang, terutama yang memakai transmisi manual. Selain itu Honda juga mengoptimalkan gigi agar konsumsi bahan bakar transmisi ini sama dengan transmisi murni manual sehingga makin ramah terhadap lingkungan,

Kopling ganda ini memiliki cara kerja sebagai berikut. Kopling akan bekerja secara dalam mengatur gigi yaitu Satu untuk gigi ganjil (1, 3, dan 5) dan lainya genap (2, 4, dan 6). Komputer akan mendeteksi setiap terjadi perpindahan gigi sehingga dapat mengontrol kinerja gigi (Dibebaskan dan dipakai)

Ciri dan Keunggulan dari teknologi kopling ganda Honda adalah :
  1. Transmisi pada motor dapat bekerja secara otomatis sehingga pengendara dapat memperoleh pengontrolan yang sporty dan mudah dioperasikan.
  2. Transmisinya yang menggunakan teknologi kontrol elektronik menghasilkan kontrol akselerasi yang presisi sehingga perpindahan gigi berlangsung dengan mulus dan halus.
  3. Konsumsi bahan bakarnya jauh lebih efisien, baik dibandingkan dengan transmisi otomatik, maupun dengan transmisi manual konvensional.
  4. Desainnya yang kompak dan ringan sehingga mudah digabungkan dengan mesin-mesin sekarang.
  5. Mengunakan 3 mode D-Mode untuk regular,dan S-Mode buat sport yang bekerja secara otomatis serta mode manual 6 percepatan. Hal ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengendara yang menempuh perjalanan dengan kondisi bervariasi.
Dengan diproduksinya teknologi kopling ganda oleh Honda akan memberikan kenikmatan dan kenyamanan bagi penunggang motor gede Honda.