Kamis, 08 Oktober 2009

Sejarah Suzuki


Suzuki, sama halnya dengan Honda dan Yamaha. Nama ini diambil dari nama pendiri pertamanya Michio Suzuki. Awalnya Michio Suzuki adalah seorang pemilik usaha pembuat peralatan tenun Sutra pada tahun 1909an.

Usai Perang Dunia ke 2, terjadi krisis yang menyeluruh. Banyak perusahaan-perusahaan yang gulung tikar, demikian juga dengan perusahaan Suzuki yang tak luput dari masalah keuangan.

Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin temple pada sepeda buatan Suzuki pertama kali dengan nama Power Free dengan kapasitas 36 cc. pengembangan selanjutnya adalah Diamond Free dengan Kapasitas 60cc.

Berawal dari pembuatan Bracket untuk mesin temple pada sepeda buatan Suzuki pertama kali. Akhirnya pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc. sampai dengan tahun 1960an, tidak banyak yang dapat dilakukan Suzuki karena sedikitnya permintaan export.

Di tahun 1967, Suzuki meluncurkan T500 yang diexport ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan untuk USA dan Cobra untuk Inggris. Kemunculan T500 dinilai cukup sukses dan terus dikembangkan menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.

Pada tahun1971, Suzuki mengalami kegagalan di pasar dunia dengan meluncurkan dengan model GT750 atau Water Buffalo. Pada tahun 1976 GT750 dikembangkan
Menjadi GS750. Model GS750 ini cukup sukses dan sangat cepat menjadi popular.

Pada tahun 1978, Suzuki mencapai kesuksesan yang luar biasa dengan diluncurkanya model GS 1000, Kesuksesannya ini dipicu karena motor Suzuki model GS 1000 ini memiliki frame yang terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor lain saat itu. Hasil pengembangan GS 1000 adalah GSX 1000 itahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982. Dengan model yang dikenal power full, style yang modern, body ringan dan harganya yang. sangat kompetitif. ini Suzuki mencapai sukses besar.
Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya
GSX-R750 dan GSX-R 1100 yang dikenal sebagai motor super cepat pada saat itu karena modelnya yang mengadobsi motor balap dan diperuntukkan pada jalan raya. Suzuki model GSX-R750, sampai saat ini terus diproduksi sampai saat ini karena memiliki penjualan yang baik.

Lain halnya dengan Suzuki model GSX-R 1100, produksinya di stop karena penjualan yang tak baik dan menyebabkan kerugian. Di tahun 1990an, GSX-R 1100 kembali didesign ulang namun tetap kurang mencapai kesuksesan.

Gebrakan yang kesekian kalinya dialakukan kembali oleh Suzuki pada tahun 1999 dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA sekaligus menjadi motor jalanan (street bike) yang tercepat didunia karena kecepatan mencapai 310km/jam.

Hingga saat ini Suzuki selalu melakukan perubahan untuk menciptakan motor terbaiknya.