Honda, Nama ini diambil dari nama penciptanya “Soichiro Honda”. Soichiro Honda lahir di Komyo Jepang tengah pada 17 November 1906. Merupakan sosok pekerja keras yang handal dan penuh dengan liku-liku kehidupan yang menarik.
Pada umur 16 tahun, Honda tidak ingin lagi melanjutkan sekolahnya. Saat itu Soichiro Honda memiliki hoby balap. Ketertarikannya pada bidang mesin mengantarkanya pada penemuan-menemuan baru. Walau penuh dengan suka duka namun pada akhinya Soichiro Honda berhasil membuat perusahan Honda.
Dimulai pada tahun 1946 setelah perang dunia Ke 2, Honda berhasil memodifikasi mesin-mesin bekas perang menjadi mesin 50cc yang sangat murah sesuai dengan kebutuhan saat itu. Akhirnya pada tahun 1949, Honda murni membuat model D (Dream) dan dikembangkan menjadi Benly.
Model International yang berhasil dibuat Honda adalah model CB72-250cc dan CB77-305cc, namun memakai press freme sehingga kurang baik. Hasil perbaikan dari model CB tersebut adalah CB 92 yang disambut baik oleh pasar.
Dengan model CB77 Sky Hawk, Honda mampu bersaing dengan motor-motor buatan inggris yang memiliki model hampir sama.
Pada tahun 1958 Honda mengeluarkan jenis motor sport C100 Super Club. Motor ini sangat nyaman dikendarai sehingga menjadi best selling pada saat itu. Setelah kesuksesannya itu, Honda memulai merintis model motor besar. Hingga pada tahun 1965, terciptalah CB450 yang mencoba bersaing dengan motor-motor buatan Inggris namun gagal karna pasar tetap memilih motor-motor buatan inggris.
Pada tahun 1969, Honda mencapai kesuksesan besar dengan dikeluarkanya CB750 dengan kelebihannya 4 clynder. Motor ini selalu habis terjual, karena benar-benar smooth untuk dikendarai. Pada tahun 1971 Honda CB750 kehilangan popularitasnya. Generasi penerusnya adalah CB500 pada tahun 1971 dan CB400 pada tahun 1975 juga sukses di pasar.
Dengan luncurkan model Gold Wing pada Tahun 1980-an, Honda menciptakan pembaruan di dunia permotoran. Motor dengan Full Fairing ini sebenarnya telah diaplikasikan pada type GL1000Gold Wing tahun 1975 di Jepang. Dipasaran Eropa dan USA, jenis Gold Wing sangat disukai.
Lagi lagi dengan ciptaan barunya, pada tahun 1982 Honda kembali motor mewah New Model Gold wing dengan nama Aspencade. Motor yang dilengkapi dengan senderan, Sound system, sistem adjustment dengan computer masih banyak lagi keunggulanya.
Pada tahun 1988 GL1500 kembali dibuat, jenis Gold wing ini dilengkapi dengan assesories yang dilanjutkan GL 1800 dengankeunggulan uar biasa dari pada GL 1500
Honda memiliki kesuksesan dengan model Gold Wing, namun tidak demikian dengan model Sport CBX1000 tahun 1978. Motor ini sama sekali tidak mencapai sukses dan
dikenal dengan nama CBX-B
Dengan model CB1100R (4 clynder yang powerful),CX500 dan CX650 yang dilengkapi dengan Turbo mengatarkan Honda pada kesuksesan motor balap yang spektakuler.
Kemudian Honda meluncurkan kembali motor super mahal, NR 500 beautiful design. Sehingga motor Honda menjadi kebanggaan tersendiri bagi penggemar Honda.
Untuk bersaingin dengan Harley Davidson, pada tahun 1980 Honda meluncurkan V4 Engine 400cc dan 1000cc dengan nama VF, namun model ini tidak sukses dipasaran.
Dengan model VFR 750 R hasil perbaikan dari VF tahun 1988, Honda sempat mendapat julukan high speed touring motorcycle. Kemudian Honda mengeluarkan VFR 750L pada tahun 1990 dan VFR800FI pada tahun 2002 dan tetap mendapat julukan for High speed touring.
Hingga saat ini Honda tetap melakukan riset untuk menciptakan motor motor terbaiknya.
Pada umur 16 tahun, Honda tidak ingin lagi melanjutkan sekolahnya. Saat itu Soichiro Honda memiliki hoby balap. Ketertarikannya pada bidang mesin mengantarkanya pada penemuan-menemuan baru. Walau penuh dengan suka duka namun pada akhinya Soichiro Honda berhasil membuat perusahan Honda.
Dimulai pada tahun 1946 setelah perang dunia Ke 2, Honda berhasil memodifikasi mesin-mesin bekas perang menjadi mesin 50cc yang sangat murah sesuai dengan kebutuhan saat itu. Akhirnya pada tahun 1949, Honda murni membuat model D (Dream) dan dikembangkan menjadi Benly.
Model International yang berhasil dibuat Honda adalah model CB72-250cc dan CB77-305cc, namun memakai press freme sehingga kurang baik. Hasil perbaikan dari model CB tersebut adalah CB 92 yang disambut baik oleh pasar.
Dengan model CB77 Sky Hawk, Honda mampu bersaing dengan motor-motor buatan inggris yang memiliki model hampir sama.
Pada tahun 1958 Honda mengeluarkan jenis motor sport C100 Super Club. Motor ini sangat nyaman dikendarai sehingga menjadi best selling pada saat itu. Setelah kesuksesannya itu, Honda memulai merintis model motor besar. Hingga pada tahun 1965, terciptalah CB450 yang mencoba bersaing dengan motor-motor buatan Inggris namun gagal karna pasar tetap memilih motor-motor buatan inggris.
Pada tahun 1969, Honda mencapai kesuksesan besar dengan dikeluarkanya CB750 dengan kelebihannya 4 clynder. Motor ini selalu habis terjual, karena benar-benar smooth untuk dikendarai. Pada tahun 1971 Honda CB750 kehilangan popularitasnya. Generasi penerusnya adalah CB500 pada tahun 1971 dan CB400 pada tahun 1975 juga sukses di pasar.
Dengan luncurkan model Gold Wing pada Tahun 1980-an, Honda menciptakan pembaruan di dunia permotoran. Motor dengan Full Fairing ini sebenarnya telah diaplikasikan pada type GL1000Gold Wing tahun 1975 di Jepang. Dipasaran Eropa dan USA, jenis Gold Wing sangat disukai.
Lagi lagi dengan ciptaan barunya, pada tahun 1982 Honda kembali motor mewah New Model Gold wing dengan nama Aspencade. Motor yang dilengkapi dengan senderan, Sound system, sistem adjustment dengan computer masih banyak lagi keunggulanya.
Pada tahun 1988 GL1500 kembali dibuat, jenis Gold wing ini dilengkapi dengan assesories yang dilanjutkan GL 1800 dengankeunggulan uar biasa dari pada GL 1500
Honda memiliki kesuksesan dengan model Gold Wing, namun tidak demikian dengan model Sport CBX1000 tahun 1978. Motor ini sama sekali tidak mencapai sukses dan
dikenal dengan nama CBX-B
Dengan model CB1100R (4 clynder yang powerful),CX500 dan CX650 yang dilengkapi dengan Turbo mengatarkan Honda pada kesuksesan motor balap yang spektakuler.
Kemudian Honda meluncurkan kembali motor super mahal, NR 500 beautiful design. Sehingga motor Honda menjadi kebanggaan tersendiri bagi penggemar Honda.
Untuk bersaingin dengan Harley Davidson, pada tahun 1980 Honda meluncurkan V4 Engine 400cc dan 1000cc dengan nama VF, namun model ini tidak sukses dipasaran.
Dengan model VFR 750 R hasil perbaikan dari VF tahun 1988, Honda sempat mendapat julukan high speed touring motorcycle. Kemudian Honda mengeluarkan VFR 750L pada tahun 1990 dan VFR800FI pada tahun 2002 dan tetap mendapat julukan for High speed touring.
Hingga saat ini Honda tetap melakukan riset untuk menciptakan motor motor terbaiknya.